SELAMAT DATANG DI WEB BANK PADMA
Kategori

Pelaporan Online, BPR pun Wajib Gunakan Sistem Apolo

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mendorong bank perkreditan rakyat (BPR) di Bali memanfaatkan sistem aplikasi pelaporan online OJK (Apolo). Sistem tersebut digunakan  salah satunya dalam menyampaikan rencana bisnis bank (RBB).
Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Zulmi mengatakan semua BPR di Bali wajib menggunakan sistem Apolo itu sehingga sama dengan bank umum yang sudah menerapkan hal serupa pada November 2016.
Zulmi menjelaskan, sistem Apolo tersebut akan memudahkan pencatatan secara sistematis dan mudah dalam memonitor seluruh RBB. Dalam RBB  akan memuat sejumlah hal di antaranya target, solusi pemecahan masalah, hingga rencana yang akan ditempuh apabila menghadapi kendala.
Ketua DPK Perbarindo Kabupaten Gianyar, Made Suarja mengatakan BPR minta penerapan sistem Apolo ini disosialisasikan sehingga semua BPR bisa menerapkan.
Penerapan sistem Apolo ini tentunya memiliki nilai takar. Penerapan pelaporan rencana bisnis bank (RBB) melalui sistem online memang lebih efisien dan lebih efektif.
Dipaparkannya, dengan pelaporan sistem online tidak perlu lampiran kertas bertumpuk-tumpuk. Hanya, penerapan sistem Apolo ini membutuhkan SDM yang terampil menerapkan sistem tersebut.
Di samping SDM yang terampil BPR mesti menyesuaikan penerapan TI. Ini juga dilengkapi aplikasi dan fiturnya guna memudahkan pelaporan RBB.
Made Suarja meminta OJK  harus gencar sosialisasi penerapan sistem Apolo. Melalui sosialisasi, tenaga IT di masing-masing BPR bisa menyerap sitem online penerapan pelaporan RBB. Dengan sosialisasi ini BPR lebih cepat paham penerapan sistem Apolo. SDM BPR bisa menerapkan aplikasi terkait pelaporan RBB online.

Humas DPD Perbarindo Bali, Ketut Wardana  mengatakan dalam praktiknya BPR tentunya menghadapi kendala aplikasi dalam penerapan pelaporan online terkait RBB yang diwajibkan oleh OJK tahun 2017. Ia menjelaskan ketika aplikasi penerapan sistem Apolo diserahkan ke masing-masing BPR tentunya perlu proses yang cukup panjang. Dalam pembuatan aplikasi diperlukannya waktu, dan pemikiran. “Yang jelas pembuatan aplikasi ini membutuhkan biaya,” katanya. (#bisnisbali)

Wed, 19 Jul 2017 @13:08


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 Bank Padma · All Rights Reserved